Jumat, 27 April 2012

Mitos Lawang Sewu

    Lawang sewu sebuah bangunan tua yang bekas kantor jawatan Kereta Api pada zaman penjajahan Belanda.Lawang sewu juga dikenal sebagai bangunan yang penuh dengan catatan sejarah Kota Semarang . Banyak orang menuturkan sering melihat  dan menyaksikan penampakan di Lawang Sewu. Selain itu lawang sewu juga dijadikan Obyek Wisata Fotografi karena satu obyek fotografi yang menarik di Kota Semarang."seribu" buah pintu yang terdapat di Lawang sewu.
    Lawang Sewu menyimpan banyak misteri, konon misteri ini belum terpecahkan karena makhluk halus yang menghuni Lawang Sewu jumlahnya mencapai puluhan dan itu pun susah di deteksi.gedung peninggalan Belanda itu hingga saat ini masih sangat megah , bangunannya yang kokoh, artistik, dan bergaya Eropa.
    Sayangnya , pemerintah setepat kurang peka terhadap keberadaan gedung ini. Bangunan Lawang Sewu tidak ubahnya di anggap sebagai bangunan rongsok dan tidak ada gunannya, bahkan ketika malam datang gedung ini gelap tidak mempunyai penerangan dan terkesan kotor dan kumuh.
    Hanya seorang yang berani tinggal di pelantaran gedung Lawang Sewu yaitu Soeranto.Selama tinngal disana ia sudah tak terhitung berapa kali melihat kejadian-kejadian aneh ketika malam datang, dari yang sangat bengis,seram,sampai yang lucu-lucu. Ia sudah hafal dengan prilaku para lelembut,termasuk ketika akan memampakan wujud aslinya.
   Kemunculan makhluk halus itu ditengarai oleh arwah-arwah tentara Belanda dan Jepang yang mempunyai daerah kekuasaan masing-masing.Seperti di pintu Barat menurut Soeranto daerah itu dikuasai oleh hantu Belanda.Karena setiap kali muncul selalu mengenakan pakaian seragam serdadu lengkap dengan senapan laras panjang.Lain lagi di salah satu ruang paling depan yang dulunya adalah pos penjaga tentara ditempat itu dihuni oleh sesosok makhluk halus yang berwujud tentara Jepang. khusus makhluk ini terlihat bengis dan kejam.Kumisnya yang panjang dan melintang dan selalu membawa samurai kemana-mana.
    Namun banyaknya makhluk halus tidak akan menggangu masyarakat yang nekat masuk ke dalam gedung. 
sejak didirikan ratusan tahun lalu, gedung spektakuler peninggalan Pemerintahan Belanda ini masih tetap menyimpan misteri. Sudah berulangkali orang menyikap misteri di balik kemegahaan gedung bersejarah ini.
Hanya menyimpan sebuah kenangan misteri jika sewaktu-waktu pintu dari salah satu kamar Lawang Sewu dibuka.Maka akan menimbulkan suara menderit yang khas.Suaranya menggema di tengah kesunyian bagaian dalam gedung.Seperti menggundang arwah gentayangan yang ada di daamnya.

   Sementara kalau malam hari bagian dalam gelap gulita, lantaran tidak ada satu pun lampu penerangan yang dipasang oleh pemerintah kota Semarang sekarang. Benar-benar Lawang sewu tidak pernah diperhatikan pemerintah.Masih untung ada orang yang berjiwa patriotik yang rela menjaga dan tinggal di dalam gedung Lawang Sewu, seperti Soeranto juga pensiunan TNI -AD ini.

Harapanku

aku tau di matamu aku tak pernah benar
aku sadar di depanmu aku tak sepadan denganmu
tapi aku tau ini semua dari perasaanku
dan aku tau aku tak pernah bisa mengelaknya
bahwa aku mencintaimu
bukan hartamu yang ku minta
bukan tahtamu yang ku mau
bukan wajah ayumu yang ku inginkan
tapi cinta dari hatimu yang ku harapkan
aku tak akan menyerah
selalu bersamamu itulah impianku
impian yang selalu menganggu tidurku
ku hanya ingin kau pendamping dalam hidupku
tak cukup sampai di sini
aku rela menompang semua pedihmu
meski aku jatuh sekalipun
karena aku tak ingin melihatmu menangis
tangismu pedihku
senyumu bahagiaku
hidupku kamulah harapanku
disini ku bersimpuh
lirih bibir ramai berdzikir memohon
ijinkan aku mendampingimu
menempuh hidup yang kelak akan kau arungi

By : raden wahyudhi

http://puisicinta.web.id/harapanku.htm

Masalah Kejiwaan

Definisi Depresi Depresi merupakan satu masa terganggunya fungsi manusia yang berkaitan dengan alam perasaan yang sedih dan gejala penyertanya, termasuk perubahan pada pola tidur dan nafsu makan, psikomotor, konsentrasi, anhedonia, kelelahan, rasa putus asa dan tidak berdaya, serta bunuh diri (Kaplan, 2010). Faktor penyebab depresi : Dapat secara buatan dibagi menjadi faktor biologi, faktor genetik, dan faktor psiko sosial. a. Faktor biologi Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelainan pada amin biogenik, seperti: 5 HIAA (5-Hidroksi indol asetic acid), HVA (Homovanilic acid), MPGH (5 methoxy -0-hydroksi phenil glikol), di dalam darah, urin dan cairan serebrospinal pada pasien gangguan mood. b. Faktor Genetik Penelitian genetik dan keluarga menunjukkan bahwa angka resiko di antara anggota keluarga tingkat pertama dari individu yang menderita depresi berat (un ipolar) diperkirakan 2 sampai 3 kali dibandingkan dengan populasi umum. Angka keselarasan sekitar 11% pada kembar dizigot dan 40% pada kembar monozigot (Davies, 1999). c. Faktor Psikososial Faktor psikososial tersebut ad alah hilangnya peranan sosial, hilangnya otonomi, kematian teman atau sanak saudara, penurunan kesehatan, peningkatan isolasi diri, keterbatasan finansial, dan penurunan fungsi kognitif (Kaplan, 2010) Gejala Utama • Perasaan depresif • Hilangnya minat dan semangat • Mudah lelah dan tenaga hilang Gejala Lain • Konsentrasi dan perhatian menurun • Harga diri dan kepercayaan diri menurun • Perasaan bersalah dan tidak berguna • Pesimis terhadap masa depan • Gagasan membahayakan diri atau bunuh diri • Gangguan tidur • Gangguan nafsu makan • Menurunnya libido Penanggulangannya : Menurut House sebagaimana dikutip oleh Smet (1994) ada empat jenis dukungan sosial yaitu dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dukungan informasional. a. Dukungan Emosional Dukungan i ni meliputi ungkapan empati, kepedulian, dan perhatian terhadap seseorang misalnya umpan balik dan penegasan (Smet, 1994). Pada saat stress, orang akan menderita secara emosional dan dapat mengalami depresi, kesedihan, ataupun kecemasan. b. Dukungan Penghargaan Dukungan penghargaan yang umumnya diberikan melalui ungkapan penghormatan (penghargaan) akan hal – hal yang positif yang dimiliki seseorang, dukungan untuk maju atau persetujuan atas gagasan atau perasaan individu dan perbandingan positif orang itu dengan orang lain, orang – orang yang kurang mampu atau yang lebih buruk keadaanya (menambah penghargaan diri) (Smet, 1994). c. Dukungan Instrumental Dukungan instrumental meliputi penyediaan dukungan material seperti pelayanan, bantuan finansial atau barang (Taylor, 1995) . Hubungan antara dukungan instrumentral dan kesehatan dapat diterangkan dengan jelas melalui satu pengertian yaitu seseorang mempunyai kebutuhan instrumental tertentu dan orang lain dapat menolongnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut (Wills, 1985). d. Dukungan Informatif Dukungan informatif ini mencakup pemberian nasihat- nasihat, petunjuk, saran, atau umpan balik (Smet, 1994). Keluarga atau teman dapat memberikan duku ngan informatif dengan memberikan saran tentang apa yang harus dilakukan untuk menghadapi masalah.

Penantian Cinta

saat terindah bersamamu mengukir bahagia menghiasi hari-hariq
pesona indahmu membekas direlung kalbu.
tutur katamu,
bahasa santunmu,
bukti akan kecantikan hatimu.
tingkah manjamu slalu membuatq tk bisa tuk berpaling darimu.
namun kini kau tlah menghilang entah kemana,
ilalang dan daun yg gugur pun tk tahu kau dimana,
apalagi aku hanya seorang pecundang yg hanya bisa menunggumu tanpa arah n tujuan
menunggu dirimu yang mungkin kembali
tuk merajut cinta suci ini,
mengertilah cinta tulus ini,
pahamilah hati n perasaan ini,
untuk menemani dikala tawamu,
mendekap dsaat tangismu,
menggenggam erat tanganmu dsaat kgalauan menyelimuti hatimu, menjagamu hingga akhir waktu

puisi ini by : elhudaalfarizi


http://puisicinta.web.id/penantian-cinta.htm

Dampak Kebudayaan Asing Terhadap Kehidupan Masyarakat

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
Kebudayaan Barat sudah mendominanisasi segala aspek. Segala hal selalu mengacu kepada Barat. Peradaban Barat telah menguasai dunia. Banyak perubahan-perubahan peradaban yang terjadi di penjuru dunia ini. Kebudayan Barat hanya sebagai petaka buruk bagi Timur. Timur yang selalu berperadaban mulia, sedikit demi sedikit mulai mengikuti kebudayaan Barat.
Masuknya budaya Barat ke Indonesia disebabkan salah satunya karena adanya krisis globalisasi yang meracuni Indonesia. Pengaruh tersebut berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan. Tentu saja pengaruh tersebut akan menghasilkan dampak yang sangat luas pada sistem kebudayaan masyarakat. Begitu cepatnya pengaruh budaya asing tersebut menyebabkan terjadinya goncangan budaya(culture shock), yaitu suatu keadaan dimana masyarakat tidak mamapu menahan berbagai pengaruh kebudayaan yang datang dari luar sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Adanya penyerapan unsur budaya luar yang di lakukan secara cepat dan tidak melalui suatu proses internalisasi yang mendalam dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan antara wujud yang di tampilkan dan nilai-nilai yang menjadi landasannya atau yang biasa disebut ketimpangan budaya.
Secara timbal balik, tiap peradaban akan berpengaruh satu sama lain. Hukum sosial berlaku bagi semua peradaban. Peradaban yang maju, pada suatu masa, cenderung memiliki perngaruh yang luas bagi peradaban-peradaban lain yang berkembang belakangan.
Perkembangan terknologi, terutama masuknya kebudayaan asing (barat) tanpa disadari telah menghancurkan kebudayaan lokal. Minimnya pengetahuan menjadi pemicu alkulturasi kebudayaan yang melahirkan jenis kebudayaan baru. Masuknya kebudayaan tersebut tanpa disaring oleh masyarakat dan diterima secara mentah. Akibatnya kebudayaan asli masyarakat mengalami degradasi yang sangat luar biasa.
Budaya asing yang masuk keindonesia menyebabkan multi efek. Budaya Indonesia perlahan-lahan semakin punah. Berbagai iklan yang mengantarkan kita untuk hidup gaul dalam konteks modern dan tidak tradisional sehingga memunculkan banyaknya kepentingan para individu yang mengharuskan berada diatas kepentingan orang lain. Akibatnya terjadi sifat individualisme semakin berpeluang untuk menjadi budaya kesehariannya. Ini semua sebenarnya terhantui akan praktik budaya yang sifatnya hanya memuaskan kehidupan semata. Sebuah kebobrokan ketika bangsa Indonesia telah pudar dalam bingkai kenafsuan belaka berprilaku yang sebenarnya tidak mendapatkan manfaat sama sekali jika dipandang dari sudut keislaman. Artinya dizaman Edan sekarang ini manusia hidup dalam tingkat Hidonisme yang sangat tinggi berpikir dalam jangka pendek hanya mencari kepuasaan belaka dimana kepuasaan tersebut yang menyesatkan umat islam untuk berprilaku. Salah satu contoh Serdehana sesuai dengan kenyataan, Dari cara berpakaian banyak remaja- remaja kita yang berdandan seperti selebritis yang cenderung ke budaya Barat. Mereka menggunakan pakaian yang minim bahan yang memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak kelihatan. Pada hal cara berpakaian tersebut jelas- jelas tidak sesuai dengan kebudayaan kita. Tak ketinggalan gaya rambut mereka dicat beraneka warna. Pendek kata orang lebih suka jika menjadi orang lain dengan cara menutupi identitasnya. Tidak banyak remaja yang mau melestarikan budaya bangsa dengan mengenakan pakaian yang sopan sesuai dengan kepribadian bangsa. Jika pengaruh di atas dibiarkan, apa jadinya Moral generasi bangsa kita, timbul tindakan anarkis antara golongan muda. dengan adanya budaya barat atau budaya asing di Indonesia, dapat membawa dampak bagi Indonesia. Dampak masuknya budaya asing antara lain. terjadi perubahan kebudayaan, pembauran kebudayaan, modernisasi, keguncangan budaya, melemahnya nilai-nilai budaya bangsa. Dampak tersebut membawa pengaruh besar bagi Indonesia, baik dari segi postif, maupun negatif. Indonesia, masih terlalu lemah dalam menyaring budaya yang baik di ambil dengan yang tidak, “maka kita semua sebagai warga Indonesia wajib membanggakan apa saja yang sudah menjadi budaya kita sendiri”, jangan sampai melupakan budaya lama dengan sudah menemukan budaya baru.
Masuknya budaya asing ke suatu negara sebenarnya merupakan hal yang wajar, asalkan budaya tersebut sesuai dengan kepribadian bangsa namun kita harus tetap menjaga agar budaya kita tidak luntur. Langkah-langkah untuk mengantisipasinya adalah antara lain dengan cara, Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, misal semangat mencintai produk dalam negeri, Menanamkan dan mengamalkan nilai- nilai Pancasila dengan sebaik- baiknya, Melaksanakan ajaran Agama dengan sebaik- baiknya dan Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa. Sebagai identitas bangsa, budaya lokal harus terus dijaga keaslian maupun kepemilikannya agar tidak dapat diakui oleh negara lain. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan budaya asing masuk asalkan sesuai dengan kepribadian negara karena suatu negara juga membutuhkan input-input dari negara lain yang akan berpengaruh terhadap perkembangan di negaranya.